Wattpad dan Penulisnya


Wattpad
.

Apa sih Wattpad itu? Nih buat yang belum tahu wattpad itu apa, wattpad adalah situs dimana pengguna bisa ngevote, komen, dan memperpustakain cerita yg di upload penggunanya sendiri atau pengguna lain. Singkatnya aja nih, wattpad itu situs buat baca cerita. Ngga cuma pengguna doang kok yang bisa baca, tapi semua (publik) kecuali yg di private.
Udah punya akunnya? Kalau belum, daftar disini.


                                               
Kelebihan mengshare cerita di wattpad:
√Ada sampul (cover cerita)
√Ada casting cerita yang berarti kalian bisa nentuin pemain cerita
√Bisa dedikasikan cerita ke akun seseorang.
√Ada sinopsis, daftar isi (dengan judul sesuka pengguna).

 Per bab cerita yang di post akan terbagi menjadi beberapa page. Biar nggak banyak2 overload gaes.
√Banyak editor penerbit yg keliaran cari mangsa, sssst!

Dan kekurangan yg nggak gue sukai adalah tampilan mobile wattpad yang demen banget berubah ubah, tp wattpad nggak kayak Power Rangers kok yang dueeeeeemen banget berubah *ngeeeek. Yelah gue on di hp. Jadi mesti oll melele.

Tp jan khawatir buat yg mau baca offline, kalian bisa download .apk nya lewat playstore atau google playstore.
Yg nggak ngenakin selanjutnya adalah ketika gue mau uplod, kolom si doi ngilang, jadilah gue bisa alternatif lain dengan cara menguplod file format .txt
Wattpad jaringannya kudu kaya buroq.
Biasanya kalo error baca di Wattpad, gue beralih ke m.wattpad.com hehehe.
                                               
Jadi member di wattpad udah lama banget setahun lebih gue jadi sering baca cerita yang ngedekem di situs ini.
Sebenernya banyak, tapi karena gue lupa, seadanya aja yak #plak.

Pengguna dan ceritanya.

1. Sairein

Ciri khasnya nulis itu minim deskrip tapi dijamin 100% langsung mafkhum kok.
Karyanya ada Amour Cafe, I Love you Mr Gayyang sekarang udah dibukuin ^^The Flower Boy Next Door dan masih ada banyak lagi tapi yang paling suka ya ituuu.
                                              
Gue paling suka diksi nya, ga minim deskrip dan ngepas di hati. Kak Nai ini terkenal dengan karyanya yang bertajuk #elaah : Playboy Monarki The Series.
Ada enam cerita:
Double Players
•All That Love
•Finding Her
•Mermadia
•Vanilla Love
•The Stuntman

Ada juga yg paling spekta mengusung nuansa kereligian islami disiniTKI (Tenaga Kerja Istimewa) yang baru baru ini tamat.

Kak Sanaz ini juga minim deskr, tapi itu pas banget sama genrenya yang selalu remaja. Touchly deh ceritanya.

Sparkly Butterflies, Carnation, Because I Love You, My Little Princess, Freya, Luckiest Snowfall, My Precious (Boy)Friend, Ruby's Heart, Fecicire, dan masih banyak lagi. yg gue sebutin cuma yg pernah gue baca aja hehe.
                                                                                  


Paling suka karyanya Kak Thea yang (Re)Marry You, ada sequelnya juga di Will Never Let You Go. Diksi nya bagus banget udah kaya baca novel terjemahan, genrenya islami:) dan yg lainnya, bisa di cek di profil nya mwuehehe.


Ceritanya dishare pendek pendek pake banget per partnya. Tapi itu yg jadi ciri khas karya Author ini. Alurnya ga terkesan dicepetin kok.
Karya yg pernah gue baca itu Araina's Secret.


Haaaa Kak Qila ini bener bener ajaib, ceritanya beraroma fantasi jadi kayak action aja.
Jadi Kak Qila ini punya anak buah namanya Antha, Bara, Rio, sama Gensa.
Oh My Savior (Antha - Helen)
My Sweet Devil (Rio - Achi)
Yours (Gensa- Saphire)
Half Alive (Bara-Aira )
Our Love (Bella-Arsen)


Kak Panda itu paling jago ama yg namanya humor, meskipun minim deskrip, tp mudah dimengerti. Ceritanya pokak semua deh yg pernah gue baca haha.
Pokak: pokok e ngakak.
Ada Maugy si tukang gigit, Karmanello, Naughty Kiss, 10 Years Ago, Get Married, Keci Romance. Lebih lengkapnya yo cek deweee.

Nggak heran sama Kak Esa yg bahasanya tingginya ngalahin Eiffel (?) orang dia guru. Kak Esa ngepens sama Raymizard dan bikin cerita tentang anak(khayalan)nya di Jingga's Diary dan Ranjang Yang Ternoda.
Semuanya religi termasuk Tsani dan Athaya.
Tiga cerita itu sangkut paut atu ama lain.

Kak Inggrid the best author yg pernah gue tau di wattpad. Mana masih muda lagi;3 . Diksi nya subhanallah, ceritanya ga lupa sama kehidupan normal yg selalu ada urusan lain. Nggak cuma percintaan, persahabatan Kak Inggrid juga nggak lupa sama cita cita. Dia itu puitis banget deh.
Cerita yg paling gue suka: Wedding With Converse, dan Without a Word.

Ada cerita Black Pearl, Demi sama Revan. Ada sequelnya di Baby Don't Cry . My Lady, si Devon anak mereka, juga Rion di Let Out The Beast.
Suka banget ama Kakak atu ini, karyanya itu bener bener seru dan nguras air mata ;3

11. Goodye
sekarang kakak ini lagi hiatus, karya terkerennya itu Love Hurt. Meskipun EYD nya agak berantakan, tapi gampang buat dipahami kok. Persahabatan dan percitaanya kerasa banget.Kak Goodye ini loyal lho, hahahah.

baca uname nya aja bikin ngerapalin lirik nya si Demi Lovato. Oon In ActionFaSaVa dan juga Sweet Disaster karyanya yg pernah gue baca. Keren? Banget dong. Cek juga cerita lainnya. Banyak yg humor juga....

13. AlvikaDae
You karya yg menurut aku baguuuuus banget. Salut sama isi cerita ini karena selain percintaan, persahabatan juga diitungkan.
lanjutannya banyak bangeeeet.
She, He, It itu anak mereka hahaha.
Ada juga They, sama I.
judulnya ngambil subject semua, dan itu unik menurut gue.

14. Just-anny
buat yg suka cerita pendek nih di Kak Ani aja. Seru dan simpel, pokok e uapik lah. Buruan check this out hahahaha.

Sebenernya ada banyak cerita dan author lainnya. Yg gue sebutin di atas kurang lbih yang pernah gue baca hehe.
CMIIW yooo.
Mampir di acc wattpad gue: ikeamele13
hehehehehehe.


Komentar

  1. bagus juga ya, saya belum punya akun disana.. :D

    BalasHapus
  2. mau tanya dong. kenapa yah kalo saya mau ngpost cerita di wattpad gagal terus? info dong

    BalasHapus
  3. Mmpir ke akun saya yaaa @aizaleaa

    BalasHapus
  4. Kan ada tulisan '√Ada casting cerita yang berarti kalian bisa nentuin pemain cerita'

    Nah, cara membuat casting di wattpad app gimana ya?

    BalasHapus
  5. bisa gak ngepost cerita di aplikasinya

    BalasHapus
  6. bisa gak ngepost cerita di aplikasinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pokoknya setiap pengguna sama2 bisa apa aja;)
      Makasih udah mampir

      Hapus
  7. suka baca wattpad ya? kalo miat, mampir juga dong ke akun saya @mimiraisha. baru buat akunnya, cuman nggak yakin ada yang baca cerita saya hehe. makasih sblumnya ya

    BalasHapus
  8. Sering-sering recomend cerita kek gini ke,,
    Kapan nih share cerita lagi dimanapun sharenya gue bakal tetep ikutin kok... Yang suka gigit pipi masih gantung tuh *minta dilanjut krikkrik

    BalasHapus
  9. Ijin posting kak..

    Haiii...
    bebook akan bagi-bagi voucher penerbitan lohhh...
    caranya gampang banget.
    kamu hanya koment aja dibawah dengan bilang mau. Vouchernya potongan 50rb. Jadi kamu hanya membayar 300rb. Vouchernya gak ada masa berlakunya ya dan kapapun bisa digunakan. Yuk, segera daftarkan. Ketik mau di kolom komentar hanya berlaku sampai tanggal 5 mei 2016 ya....

    Fasilitas yang didapat: cover, editing, layout, ISBN, 1 bukti terbit, free stiker, pembatas buku dan Royalti 15%

    Add FB Bebook Publisher ya untuk info lebih lanjut....

    BalasHapus
  10. K-POP FANFICTION
    Buat yang suka nulis cerita fanfiction. Ikutan Yuk!. Simak syaratnya ya....
    1. Naskah berbentuk cerpen, karya sendiri. Belum pernah di ikut lombakan atau di share, bukan jiplakan atau plagiat.
    2. Tema Fanfiction bebas (komedi,roman,action,fantasi,dll)
    3. Naskah cerpen dengan panjang 4-5 halaman. Kertas A4, font Times New Roman 12 pt, margin normal, dan spasi 1,5. Biodata narasi maksimal 50 kata di halaman selanjutnya. BUKAN BIODATA KTP!
    4. Jika naskah sudah memenuhi syarat kirim dalam bentuk lampiran ke email bebook.publisher@gmail.com dalam bentuk lampiran. Dengan format pengiriman dan save file “FF Korean_ JUDUL NASKAH_NAMA PENA_NAMA AKUN FB”
    5. Share dan tag tulisan ini ke 20 teman FBmu, tag juga akun Bebook Publisher. Add FB Bebook Publisher
    6. Pengumpulan naskah mulai tanggal 29 Maret 2016 sampai dengan 18 Juni 2016
    6. Bagi peserta yang tidak mengikuti syarat event menulis cerpen ini akan didiskualifikasi
    Hadiah:
    Pemenang 1 : Buku terbit, notebook tema korean K-pop, stiker, pembatas buku dan sertifikat cetak
    Pemenang II : Buku terbit , stiker, pembatas buku dan sertifikat cetak.
    Info:
    FB : Bebook Publisher
    Blog: http://bebookpublisher.blogspot.co.id
    No Hp: 082225909054

    CATATAN:
    BOLEH FANFICTION, TIDAK HARUS KPOP TIDAK APA-APA, Asal nama korea

    BalasHapus
  11. baca cerita ku yang belum sempurna sepenuhya paskaline2503 << akun ku

    BalasHapus
  12. baca ceritaku juga ya ^^ https://www.wattpad.com/story/75231095

    BalasHapus
  13. Mau tanya gimana ya caranya membuka cerita yang di private? thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Syaratnya harus punya akun dulu ya, anon.
      Ini di web:
      1. follow penulisnya
      2. cari ceritanya dan baca
      Ini di aplikasi:
      1. Sign in
      2. Cari penulisnya
      3. follow penulisnya
      4. Klik ceritanya
      Kalau masih ga ngeload direfresh terus ya, non.
      Intinya penulisnya difollow dulu ��
      Makasih udah mampir��

      Hapus
  14. Kenapa ya kalo mau log in wattpad tdk bisa. Selalu muncul "tidak bisa masuk saat ini cobalah lagi nanti. (11) tolong infonya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan karena
      1. Wattpadnya lagi error
      2. Kurangnya koneksi internet
      Atau coba di browser lain ;)
      Makasih udah mampir

      Hapus
  15. https://www.wattpad.com/story/104189153-love-like-puzzle

    BalasHapus
  16. Gils gue baru nemubini dong iseng2 dan sumpah itu adalah orang2 yg ngehits di awal2 wattpad berdiri. Dan gue baru ngeh ternyata orang2 ini saat ini sudah susah ditemukan dan jarang banget karya2 mereka lewat feed gue. Biasanya pasti aja ada yg vote gtu2 dan gue pasti lgsg baca kepo soalnya. Tp skrg ntahlah gue baru sadar mereka seakan ngilang ntah di feed gue doang atau bahkan di wattpad. Geez, karya mereka itu yg mewarnai masa2 SMA gue jaman2 nya baca Maugy gtu yg pandanello wkwkwk. Miss them so muchhh hehe.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Rekomendasi] Review Novel Teenlit: Well Smile dari A Song for Alexa

Rekomendasi Cerita (r: Penulis) Wattpad 2016