Aku dan Gigi Gerahamku

HAAAAAAAI!!!!
Aku balik kali ini untuk yang pertama kali di tahun 2017, mau nge-share masalah yang menurutku adalah pilihan terakhir.
Apa?
Sakit gigi.
Sakit gigi menurutku itu banyak penyebabnya.
Saraf yang sensitif, gigi berlubang, suka ga gosok gigi, banyak bakteri (belun tentu yang rajin sikat gigi punya resiko kecil), radang karena prostaglandin yang terbentuk dan lainnya.

Apa sih prostaglandin?

Boleh kok dicari tahu sendiri wakak.

Oke because its specially my story, jadi fokus ke aku aja yaak!

Dulu waktu kecil, pasti digembor-gemborin kalimat: jangan lupa sikat gigi malam sebelum tidur!
Tapi yang namanya anak kecil yang mainstream, jadinya ya ga nurut. Sisa-sisa makanan yang tertinggal bisa menimbulkan plak/karang gigi yang membuat banyak masalah.

Seperti anak lainnya, aku juga jarang atau nyaris ga pernah sikat gigi malam.
Dulu waktu kecil sih, aku kebiasaan sikat gigi waktu bangun pagi, sebelum sarapan, trus sorenya, baru deh sikat gigi.
Sudah.
Tapi itu salah besar!
Anjuran sikat gigi sebelum sarapan itu mitos!
Karena yang sebenarnya, tuh begini.

Waktu sebelum tidur, sikat gigi!
Jadi ga boleh makan apapun setelah itu.
Lah begitu besoknya bangun, sarapan dan makan-makanlah sepuasmu, baru gosok gigi. Lalu cus beraktifitas.
Kalo anjurannya sih dua kali sehari, pagi dan malam sebelum tidur. Tapi aku kebiasaan ketambahan sore juga.
Ini sih kebiasaan baru.

Oke jadi,... karena Malas itulaaah, aku jadi sakit gigi untuk yang pertama kalinya.
Apa yang terjadi??? Gigi gerahamku membentuk kubangan.
Ini terjadi saat aku masih SMP di kelas tiga. Untuk yang pertama kalinya.

Awalnya sih masih bisa ditahan, tapi lama-lamaa... Dibuat ngunyah nyut... nyut... nyuuuut.

Akhirnya kuputusin buat ga dipake ngunyah. Oke, aku nguyah disebalah kiri karena geraham bawahku yang kanan bolong.

Kebiasaan ini akhirnya kebawa sampe setahun. Fine fine aja nih, jadi ya kubiarkan sambil nyebut Alhamdulillah tiap ngunyah. Karena ngunyah tuh nikmat buaaaangeeeeett!!!!

Pada suatu malam kemudian, aku bermimpi. Aku dikasih makanan dan kumakan, tapi tuh makanan keras banget. Eh tahu-tahunya pas bangun. Itu gigi!!!
Yap gigi!!!
Gigi ada dimulutku sendiri!!!
Gigi yang bentuk nya kayak batu karang secuil doang!!!!
Aku panik dong, setengah ga percaya itu gigi akhirnya ku pake lampu sorot. Gerahamku jadi aneh. Pas ngaca wah gila lubangnya makin gedeeeee;'""((((
Soalnya keropos!!!!
Kok bisa?????!!!!!!!
Aku waktu itu ga tahu kenapa keropos jadi ya kubiarkan tapi lama lama menjadi biang sakit!!!

Kalo sakit tuh ga nahan rasanya.
Udah nyut-nyutan, dibuat mingkem aja ga bisa, dibuat gerak kaku, dibuat makan apalagi.
Padahal orang sakit gigi tuh nafsu makannya nambah tapi ga bisa ngunyah jadi ya apalah dayaa!!!!

Tiap sakit gigi berat badanku turun, entah itu tiga, dua bahkan pernah lima kiloooo!!!!

Tiap periksa dikasihnya analgesik mulu. Lama-lama bikin perih lambung. Nyaris setengah tahunan sering kambuh-kambuhan.
Kalo ke dokter gigi biayanya pasti mahal. Jadi sekali berobat tiga harinya lagi sembuh tuh udah Alhamdulillah....

Dan pada suatu ketika, waktu mau bulan Ramadhan, aku dibawa Mama ke Puskesmas. Kebetulan lagi pulang pagi.

Nah begitu kesana, aku cuma disuruh fotokopi kartu pelajar. Dah gitu disuruh ngantri. Aku penasaran, ga bayar??? Etapi belum selesai kan ya, jadi ya aku ngikut aja.

Pas diperiksa, dokternya garang, cuek, sinis. Kalo ga mama aku yang jelasin sakitnya, tuh dokter ga bakal nanya.

Aku bilangnya mau cabut aja karena ga betah.
Akhirnya dicek dulu sama dokternya. Disuruh buka mulut lebar-lebar. Ada alat yang ngetok-ngetik dinding gerahamku. Trus digoyang-goyang. Agak nyut-nyutan tapi ga sakit.
Dan keputusannya ditambal!!!

Aku jadi merinding, katanya kalo ditambal tambah sakit soalnya ga bisa ngobatin lewat dalam lubangnya.

Tapi dokternya bilang, kalo dicabut, nanti susunan giginya ga teratur, lagian kamu masih kecil. Kalo udah tua ga papa. Kamu mau dikasih gigi palsu?

Jleb!!!

Ku iyain aja dah, takut dicabut tapi ga mau ditambal mah ngapain berobat ye kan?

Gigiku dibersihin pake alat yang ga tau namanya, trus disuruh gigit kapas. Dikasih obat yang ada di kapan kec yang periiiiiih banget tapi adem di lubangnya. Trus akhirnya dikasih sesuatu kayak pasta yang ditambalin kesitu. Dirata-ratain, disuruh kumur sedikit jangan kencang-kencang.
Trus udah.
What??????

Tapi katanya suruh balik seminggu lagi.
Whaat!????(2)
Lidahku kayak kapur baaah rasanyaaa kek apa gitu.

Begitu keluar, diresepin dan nebus di apotek Puskesmas nya. Akhirnya aku dikasih obat dan pulang.

Ga bayar bro.
Free.
Gratis!!!!

Padahal obatnya paten, ga generik semua.
Aku dikasih yang isinya asam mefenamat sama amoxicillin waktu itu.

Alhamdulillah ga sakit karena aku minum obatnya teratur. Dah seminggu, balik lagi, diambil tambalan kemarin, trus ditambal lagi. Kali ini ga dikasih obat.
Dan minggu depan balik lagi. Huwaaaat?????
Tiga kali nih bolak balik. Dan ini yang terakhir. Tambalannya ga kayak kapur lagi.

Dan tambalan ini lama kelamaan mengeras. Warnanya putih. Nyaru sama gigi. Agak pede dong....

Naaaaah. Karena takut sakit, akhirnya ga aku pake ngunyah.

Balik lagi ke awal.... Ini nih yang jadi cerita tanpa akhir.

Kukira setelah ditambal gigi ku ga bakal kambuh-kambuhan, tapi....
Masih aja. Gusinya bengkak!!!
Seriiing!!!!
Akhirnya bolak balik ke dokter lagi.

Baaah. Kasihan sama lambung ya kan. Obat golongan OAINS (obat anti inflamasi non steroid) ini salah satu efek sampingnya bakal mengikis permukaan lambung kalau diminum dalam keadaan perut kosong.
Lah plis deh, yang namanya sakit gigi mah bisa makan apa selain bubur???????

Kucapek, kusedih, kufrustasi.
Setelah searching sana sini ternyata gusi bengkak itu karena terinfeksi bakteri. Jadi harus sering sering sikat gigi.
Jadi kuputusin kalo malam sakit gigi.

Nah Alhamdulillah.... Wasyukurillaaaah. Gigiku jarang kambuh. Udah hampir beberapa bulanan lah. Paling juga nyeri sedikit nyutnyutan kalo makan dan minum yang terlalu dingin atau panas.

Jadi ya sudah, geraham tambalanku ga kupake ngunyah, tiap malam sikat gigi sebelum tidur.

Nah pada suatu malam, aku makan nasgor yang ternyata bisa nyangkut di gigi. Lah??? Gigiku mana lagi yang bolong?!
Posisinya ada di sebelah atasnya gigi tambalanku. Ku senggol-senggol pake lidah ternyata...

GIGIKU KEROPOS!!!!

LAGI???
.
.
.





...

YaAllah ternyata kumasih harus berjuang.

Oke, kuselidiki lagi.
Ternyata,...
...
..
.
Ternyataaaaa kalo ngunyah tuh harus seimbang sisi kanan dan kiri, karena kalo nggaaak, gigi yang ga dipake ngunyah itu bakal timbul plak/karang gigi itu bisa keropos.

Hasyem.

Alhamdulillah tapi ga bolong tuh gigi atas, cuma plaknya yang ngelupas.

Udah lama ga kupakai ngunyah, karena takut keropos dan bolong, akhirnya kuputuskan untuk ngunyah yang lembut-lembut aja.

Ga ada masalah sih, paling kalo ga sadar ngunyah yang terlalu keras bakal nyuuut, tapi sedikit.

Kebiasaan ngunyah yang lembut-lembut disebelah kanan, dan kasar dan keras disebelah kiri, serta sikat gigi malam sebelum tidur pun aku jalani.

Tapi cobaan datang lagi.

Suatu ketika, di suatu pagi menjelang siang yang cerah dan agak berawan, aku beli nasi sambal langganan. Nasi sambal dimana ada lalap timunnya.
Karena keenakan kali ya aye, jadi ga sadar kalo the damn biji timun itu terkunyah di gigiku yang tambalan.

Mblejsnakdmxensimelakduakedetheksiqnalfofnakakfmaaa...

Sakiiiiiit. Ku kira bakal ilang kayak biasanya,... tapi udah dua hari ini ga sembuh.

Aku minumin paracetamol, agak mendingan, tapi ga taunya, malah makin sakit. Ga tertahankaaaaaan.

Kufrustasi, kusedih, kupusing.

Ga tau apa penyebabnya selain biji timun itu. Padahal gusiku ga bengkak tapi kenapa sakit yaaalllah.
Uda sensitif, laper buaaaanget tapi ga bisa makan itu tu cobaan amat besar daripada sakit hati.
Sumveh dah gue mending sakit hati daripada sakit gigi.
Bersyukurlah kamu yang belum pernah sakit gigi tapi sering patah hati.

Ada Natrium diclofenac, aku minum. mendingan tapi udah ga ada lagi obatnya.

Abis itu sakit lagi.

Aku kasih neuralgin sampe dua kali dalam 9 jam tapi ga mempaaan.

Aku ga mau minum asam mefenamat karena perih di lambung. Cukup beresiko untuk yang makannya cuma sedikit.

Aku sedih karena ga bisa ke apotek. Mau berobat pasti obatnya gitu gitu aja. Pernah suatu ketika aku sampe bolak balik ke dokter dalam dua hari karena ga betah. Jadi aku suntik lagi. Beh.

Aku mikir mikir obat apaaa ya yang bisa dibeli tanpa ke apotek.
Ternyata ada Oskadon SP. Isinya ibuprofen sama paracetamol. Mantep nih keknya.
Di indikasi tertulis untuk nyeri otot dan nyeri pinggang. Padahal sesama OAINS tuh intinya buat pereda nyeri dan radang.
Kuminum agak mendingan, alhamdulillah. Dua kali minum sakitnya hilang.

Tapi e tapi....
Gusiku trus bengkak. Yaps gatau lagi, mungkin sering ku elus elus kali ya akhirnya  kena bakteri dari tangan ke mulut.

Obatnya nambah lagi jadi Oskadon SP sama Amoxicillin.

Tapi gusi bengkak ini rasanya bikin pengen guling guling.... Pipiku ikut bengkak. Tidur ga enak. Berasa kayak apa ya, mungkin gatal tapi ga bisa nggaruk.

Nekat, aku berangkat ke Apotek. Aku beli obat yang ampuh mudah-mudahan.
Namanya Cataflam, isinya sih Natrium diclofenac, tapi dosisnya separuh dari natrium diclofenac yang generik.

Setabletnya/sebijinya, harganya 6000. Yap sebiji doang. Kalo generiknya sih lebih muraaaah. Paling 6000 kebawah udah dapet sepuluh.
Trus aku beli juga ibuprofen, rekomendasinya guruku.

Rencananya, kalo cataflam ga mempan, aku mau ngabisin ibuprofennya aja.

Jadi gitu, doain sembuh yaa...
Mudah mudahan dengan ngunyah yang lembut-lembut, sikat gigi setiap malam, ga sering kambuh-kambuhan.

Aku ada info obat penghilang rasa sakit terutama di gigi. Obat ini golongannya antiradang dan nonsteroid semua, kerjanya menghambat pertumbuhan siklookginase (COX Inhibitor)

1. Antalgin: kembarannya methampyron, Na metamizole.

2. Asam mefenamat: buat yang punya riwayat maag, mending yang ini jangan ya.

3. Natrium diclofenak: ini bisa buat rasa sakit dan bengkak nya. Natrium itu sinonimnya sodium.

4. Paracetamol: kata siapa ini ga bisa? Aku kalo lagi cape buanget minum ini loh:D paracetamol ini kembarannya acetaminophen dan ga cuma buat anti nyeri dan antiinflamasi aja, tapi juga buat antidemam.

5. Ibuprofen: nyaris sama kayak Na diclofenac, tapi dijual bebas dimana-mana. Ini juga bisa buat antidemam.

6. Dentasol; ini obat oles, tapi aku ga pernah nyoba. Katanya buat yang berlubang sih.

Dan antibiotik yang sering diresepin sih amoxicillin, ada juga cefadroxyl.
Antibiotik ini harus diminum sampe habis dan rutin!!!
Tapi hati hati ya sama yang alergi. Lebih baik konsul ke dokter.

Yang ketiga ini, ada antikosteroid. Kerjanya menghambat pertumbuhan prostaglandin dari pusatnya. Dan efektif untuk anti radang. Tapi,... Efek sampingnya banyak banget, mending jangan kalo ga diresepin.
Obatnya ada: dexamethason, prednison, prednisolone, methylprednisone, dll.

Sebelum beli obat sendiri, ada baiknya konsul ke dokter ya.
Dan jangan lupa, obat yang digunakan untuk pereda nyeri itu diminum harus dalam keadaan perut penuh, kalo bisa sampe kenyang untuk mengurangi efek samping nyeri lambung. Oke!

Jadi biar ga sakit sakitan itu sikat gigi setiap malam, ngunyah kanan kiri, pola makan yang teratur,  banyak minum air putih dan istirahat dan olahraga yang cukup.

Babaaai!!!
Semoga aku dan gerahamku langgeng tanpa cobaan.
Aamiiiin.

                                   Ike Amelias, 29 Jan/17 18:30

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Wattpad dan Penulisnya

[Rekomendasi] Review Novel Teenlit: Well Smile dari A Song for Alexa