iJakarta : Aplikasi Perpustakaan Online


iJakarta : Aplikasi Perpustakaan Online

Whoooopz!!! Kabar gembira buat kita semua!
Buat kamu yang suka baca buku, novel, sastra, dll aplikasi ini benar benar bermanfaat! Penyelamat!
Awalnya gue ga tau ada aplikasi semacam ini, gue tuanya dari teman dari teman facebook, pas gue download, hidup gue langsung berubah!
Karena gue excited banget ada aplikasi ini, gue mau review aplikasi nya. Langsung yaaak.


Pengenalan
Tampilan iJakarta versi android
iJakarta merupakan aplikasi perpustakaan digital dimana kita bisa unduh novel, buku, sastra yang terdaftar di e-Pustaka iJakarta. Kita bisa baca buku secara offline dengan mendaftarkan diri secara gratis!
Aplikasi perpustakaan digital iJakarta dapat diunduh di ponsel pintar atau smartphone berbasis android, iOS dan windows. Aplikasi itu dapat digunakan, baik secara online maupun offline.
Kategorinya mulai dari buku pelajaran sekolah, perkuliahan, ilmu pengetahuan umum, biografi, sejarah serta buku-buku populer lainnya. Semuanya bisa diakses secara gratis.
Aplikasi ini didukung oleh sejumlah penerbit, antara lain Gramedia Pustaka Utama, Erlangga, Agro Media Group, Mizan, Elex Media Komputindo, Gramedia Widiasarana Indonesia, Bhuana Ilmu Populer, Kepustakaan Populer Gramedia, Penerbit Kanisius, UGM Press, UNS Press dan UB Press.
Wishlist book mu ada di penerbit mana? \(^_^)/

Fitur
Unduh buku, baca, disimpan selamanya. Weeeei, ga sesuai ekspektasi gaes. Rugi dong kalo disimpan terus sama pengguna.
Tapi jangan khawatir juga...
Kita kenalan dulu yuuu!

e-Pustaka            
Apa e-Pustaka itu? 

Menurut gue e-Pustaka itu Pustaka yang menyediakan buku-bukunya. Jadi, kalau mau minjam/unduh buku, wajib join e-Pustaka ini. Caranya ya harus login iJakarta.
Meminjam Buku
Buku-buku yang tersedia ada jumlah salinannya. Contohnya ada 10 salinan, dimana ada 8 pengguna yang sedang membaca, dan tersisa 2 copy/salinan, maka kamu bisa meminjam dan mengunduh. Lah kalau copy/salinannya habis a.k.a 0? Maka kamu harus meng-antri. Nanti akan ada pemberitahuan jika bukunya sudah tersedia untuk didownload.

Batasan waktu meminjamnya tergantung e-Pustakanya, gaes. Kalau kamu join e-Pustaka ini akan ada ketentuannya sendiri.
baca yu baca

Gimana? Sangat sangat varokah buat pelajar hemat kayak gue!!! *nyengir bebeg*
Lanjut lagi...

iJakarta itu isinya kayak gimana, sih?
User
Kalau kamu sudah mendaftar, begini nih tampilannya...
Setiap user bisa mengikuti user lain, dimana aktifitas user yang kamu ikuti kamu bisa melihatnya.
User juga bisa merating dan mengulas buku loh, yang bisa dilihat semua orang di detail buku.
Ada riwayat peminjaman, yang juga bisa dilihat oleh semua orang.
Kamu bisa merekomendasi buku kepada user lain dan membagikan lewat media lain.

Rekomendasi
iJakarta akan menampilkan buku-buku yang 'ramai'. Rekomendasi nya bisa di filter.
Beranda
Nah, di sini kamu bisa melihat aktifitas following mu.
Rak Buku
Buku yang sudah di unduh, hanya bisa dibaca di aplikasi i-Jakarta saja. Jika masa peminjaman sudah habis, buku tersebut secara otomatis tidak akan bisa di buka dan dikembalikan secara otomatis juga.
Notifikasi
Ada pemberitahuan dan kotak masuk dari user lain.

Sudah? Itu saja? Engga dong, ada baiknya kamu mengenalnya sendiri ;D

Nah kalau diatas adalah pelbagai kelebihannya, sekarang gue mau menyebutkan kelemahannya.
First, bila mengantri buku kemudian ada notifikasi kalau bukunya sudah tersedia untuk dipinjam, pas gue klik, tombolnya masih 'antri'. Huft. Ga tau deh apa jaringan gue kurang cepet? Pake wifi loh padahal'-")/
Second, buku yang sudah di unduh ini hurufnya ga bisa diatur dan ga sesuai  dengan layar hp! Jadi kalau baca ya harus dengan mata agak sipit2 itu karena tulisanya kecil. Ya kayak baca file format pdf di hp gitu. Kecewa, karena ga seperti gambar yang ada di Google Play Store waktu gue download.
Karena kekurangannya banyak di masalah buku yang telah diunduh, gue akan bahas fitur-fitur buku nya.
Hanya bisa dizoom nge pas sama layar, kalaupun mau dengan huruf yang lebih besar, bacanya susah, harus gesar-geser jadi bingung-_-
spoiler novel in a blue moon :D

Mode pengguliran buku ada tiga:
Vertical, menggeser ke bawah
Horizontal, menggeser ke samping
Curl, membalik
Yang sering gue pakai semuaya kecuali curl. Soalnya yang curl ga bisa dizoom

TOC. (sampai sekarang ga tau apa itu singkatan TOC, yang tau kasih tau dong:D) TOC mungkin daftar isi kalau meninjau gambarnya.

Ada juga bookmark. Dengan menandai ini, kalian bisa melanjutkan halaman buku terakhir yang kalian baca.


Ga ada  ruginya download aplikasi ini, meskipun mengurangi kuota internet (masih modal lah yaaa).
Kalau gue pake wifi sekolahan :D Bukannya ga modal tapi provider kartu gue lagi error *lah curhat*

Diharapkan aplikasi ini bisa lebih baik kedepannya.... dan usernya bisa lebih nyaman lagi.
Thank you iJakarta!!!!!!!!!

Udah dulu yak, sebenernya gue ga niat promosi kok, cuma membagikan kabar gembira, kalau sekarang ada aplikasi pembaca novel gratis! Aplikasinya agak-agak sepi. Coba kalau rame,... mmmm pasti banyak antrinya (`)
Follow gue yak : mrszhanghan, zhanghan, ikeamelias, hauduyuhau (beneran ada banyak, gue kalau download langsung banyak dan harus deadline bacanya)
Follow yang mana aja, pasti gue follback kok. Butuh rekomendasi banget ;)

Cmiiw.

ps : ga sempet nge-crop gambar :D
 
Fri, 18 des 15
Ikeamelias.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Wattpad dan Penulisnya

[Rekomendasi] Review Novel Teenlit: Well Smile dari A Song for Alexa

Aku dan Gigi Gerahamku